Toyota Yaris Cross Punya Potensi Masuk Indonesia?

Menyusul perkenalannya di Eropa, Toyota Yaris Cross pun kemudian dikait-kaitkan dengan pasar Indonesia. Model SUV terbaru pabrikan asal Jepang ini ditengarai bisa menjawab kebutuhan pasar SUV atau model styling.

PT Toyota Astra Motor (TAM) sendiri selaku APM Toyota di Indonesia sendiri kini memang masih mengandalkan Yaris hatchback yang mendapat pembaruan. Menurut Anton Jimmi selaku Direktur Pemasaran PT TAM, Yaris terbaru yang beredar di Jepang maupun Yaris Cross di Eropa belum bisa tentu akan dijual di Indonesia.

Memang, seperti diketahui, update model di Jepang sebagai markas besar Toyota tidak melulu diikuti TAM. Ini karena kebutuhan pasar yang berbeda, bahkan di Indonesia disebut lebih variatif. 

Kendati demikian, pihak TAM tidak memungkiri tren pasar semakin bergeser ke SUV 5-penumpang. Hal ini pun tidak luput dari monitoring TAM sehingga membuka potensi tersebut di pasar Indonesia. Kini, Toyota masih mengandalkan Rush dan Fortuner di segmen SUV yang notabene berkapasitas 7-penumpang.

Dibangun di Atas Platform GA-B

Yaris Cross sejatinya akan diperkenalkan pada Geneva Motor Show 2020. Namun gagal karena ajang pameran tersebut batal diselenggarakan lantaran pandemi Covid-19. Toyota pun akhirnya merilis gambar pertama beserta spesifikasi Yaris Cross ke publik pada 23 April 2020 kemarin.

Yaris Cross sendiri dibangun di atas platform yang sama dengan versi hatchback-nya, yakni platform GA-B. Oleh karenanya, pihak Toyota mengklaim bahwa bodi SUV ini akan lebih rigid dan memiliki sasis yang sangat seimbang. Dengan ini mobil pun jadi lebih responsif dan tangguh.

Di sektor dapur pacunya, Yaris Cross pun akan ditawarkan dalam dua opsi mesin; bensin dan hybrid. Sayangnya, belum diketahui soal kekuatannya.
Pilihan mesin bensin 1.5 liter dicangkok Dynamic Force Engine, tiga silinder. Mesin ini akan disandingkan dengan opsi transmisi CVT atau manual 6-percepatan.

Untuk pilihan hybrid, Yaris Cross mengusung mesin yang sama dengan Toyota Hybrid System II. Tapi SUV ini akan tersedia juga dua sistem penggerak; FWD atau AWD.

Kans Masuk Indonesia

Yaris Cross akan dijual di Jepang lebih dulu pada kisaran tengah tahun ini. Kemudian disusul di pasar Eropa pada 2021.

Jika melihat geliat kampanye hybrid Toyota di Indonesia sekarang ini, bukan tidak mungkin Yaris Cross varian hybrid yang akan masuk. Namun belum bisa dipastikan juga apakah akan mengaspal di sini. Terlebih bocornya sosok Corolla Cross di jalanan Bangkok mengindikasikan SUV tersebut disiapkan untuk pasar Asia Tenggara.

0
Bagikan

Berita Terbaru

Review
Suzuki Vitara Brezza 2020 Siap Diluncurkan di Indonesia! Berdasarkan laman Suzuki, Vitara Brezza akan diluncurkan bulan Jan, 2020 di Indonesia. Diperkiraan Vitara Brezza ini memiliki tiga varian dengan harga dimulai dari Rp 152,8 juta sampai 207,7 jutaan.Suzuki Vitara Brezza 2020 adalah spesialis mobil kecil yang telah membangun reputasi dan bisnisnya dari mobil kecil. Sebenarnya memang Vitara Brezza adalah SUV sub-kompak dan oleh karena itu juga termasuk mobil kecil!Vitara Brezza mengacu pada warisan SUV Suzuki yang cukup sukses di seluruh
Berita
Penjualan Mobil Bulan Mei Diprediksi Semakin 'Boncos' Pandemi virus corona belum usai dan berimbas ke banyak lini sosial maupun bisnis. Tak heran makanya banyak pelaku industri otomotif yang harus menelan pil pahit, terutama para produsen mobil karena jumlah penjualannya merosot tajam.Salah satunya adalah Daihatsu yang mencatat penjualan periode April 2020 menurun hampir separuh dari bulan sebelumnya. Kondisi ini langsung disampaikan oleh Direktur Marketing Amelia Tjandra. Dirinya mengatakan tren penjualan menurun terutama wholesales (distribusi pa
Bantuan Membeli
Honda HR-V dan Hyundai Kona, Siapa Yang Lebih Banyak Fiturnya? Hyundai Kona datang belum lama ini. Crossover compact asal Korea itu memperkaya deretan lini produk Hyundai sekaligus merambah segmen baru, compact crossover. Sport Utility Vehicle (SUV) bergaya hatchback ini dijual dengan harga Rp 363,9 juta.Raja di segmen ini adalah Honda HR-V. Memang HR-V bukan yang pertama, tapi ia yang paling populer saat ini. Padahal harganya bukanlah yang termurah. Ia dijual mulai harga Rp 297 jutaan sampai Rp 415 jutaan. Nah kalau dibandingkan dengan Hyundai Kona, siapa
Berita
Daihatsu Rocky Meluncur 2021, Toyota Raize Masih Tahap Studi PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Daihatsu di Indonesia telah menyatakan Rocky akan hadir pada 2021. Mini SUV ini dipastikan akan hadir tahun depan menyusul pernyataan pabrikan yang tidak akan meluncurkan produk baru lagi tahun ini.Lantaran Rocky adalah proyek bersama, Toyota Raize sebagai kembarannya pun ikut terseret arus rumor. Kalau merunut jejak proyek sebelumnya (Toyota Avanza - Daihatsu Xenia, Calya - Sigra, Rush - Terios, Agya - Ayla) maka idealnya Daihatsu R
Berita
​​​​​​​Daihatsu Rocky Dipastikan Akan Meluncur pada 2021 Secara langsung PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Daihatsu di Indonesia menegaskan tidak ada model baru lagi pada tahun ini. Ini pun sekaligus mengindikasikan SUV teranyar mereka, Rocky akan diluncurkan tahun depan.Senada dengan hal tersebut Corporate Planning & Communication Director PT ADM, Amelia Tjandara mengatakan bahwa Daihatsu Rocky akan muncul pada 2021. Hal ini disampaikan pada teleconference bersama media beberapa waktu kemarin.Bocoran tentang kemuncula

Lebih

Beranda