< img height="1" width="1" style="display:none" src="https://www.facebook.com/tr?id=2589212088033094&ev=PageView&noscript=1" />

Simak Kelebihan dan Kekurangan MPV Mewah Toyota Alphard

Toyota Alphard merupakan MPV mewah yang sangat tersohor di Indonesia. Mobil ini penjualannya terbilang sangat laris-manis untuk ukuran sebuah mobil mewah. 

Bahkan Toyota Alphard seolah sudah menjadi simbol kesuksesan seseorang. Desainnya yang mewah, fiturnya beragam hingga kenyamanan di dalam kabinnya yang sangat menjanjikan jadi daya tarik mobil ini.

Alphard yang saat ini dijual di tanah air sendiri merupakan generasi ketiga. Sudah beberapa tahun eksis dan mengulang kesuksesan seperti generasi-generasi sebelumnya, PT Toyota Astra Motor pun memberi penyegaran ringan alias facelift belum lama ini pada Alphard.

Penyegaran ringan yang didapat pada bulan Februari 2020 itu terfokus pada improvisasi di sektor infotainment dan penunjang keselamatan. 

Kini Alphard memiliki fitur keselamatan aktif yang terkelompok dalam Toyota Safety Sense. Fitur ini mencakup Pre-Collision System (PCS),Lane Departure Alert (LDA), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Automatic High Beam (AHB). Selain itu ditambahkan juga fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) dan penggunaan Intelligent Clearance Sonar (ICS) dari yang sebelumnya enam titik (dua di depan dan empat di belakang), menjadi delapan titik (empat depan dan empat belakang).

Sedangkan pada infotainment juga semakin memanjakan penumpang. Pada head unit membesar jadi 9 inci (varian 2.5 X, 2.5 G, dan 2.5 HEV) atau 10.5 inci (varian 3.5 Q), model sebelumnya 8 inci. Selain media informasi utama, Rear Seat Entertainment juga menggunakan layar yang lebih besar 13 inci (varian mesin 2.500 cc) atau 13,3 inci (varian mesin 3.500 cc).

Walau itu semua membuat Alphard semakin superior untuk memikat konsumen, namun bukannya mobil ini tanpa kekurangan. Maka dari itu berikut kami sajikan sejumlah kelemahan sekaligus keunggulan dari Alphard.

Kelebihan

1. Jika kebanyakan MPV ataupun mobil dengan tiga baris bangku, tak memfokuskan kenyamanan pada tempat duduk paling belakang, tentu tidak dengan Alphard. Kenyamanan dan kelegaan yang siap memanjakan penumpang baris paling belakang mobil ini tak perlu diragukan. Bahkan bangkunya pun bisa disetel maju atau mundur dan kemiringan sandaran alias reclining.

2. Kabin makin nyaman
Dibanding dengan Alphard generasi kedua, kenyamanan kabin bisa hadir pada jok. Anda akan merasa lebih empuk duduk di mobil ini. Sepertinya Toyota telah mengimprovisasi keempukan jok pada Alphard model baru ini.

3. Punya varian hybrid
Tak sekedar mengutamakan kemewahan dan kenyamanan, ternyata Alphard juga tampak berusaha mengedepankan aspek ramah lingkungan. Alphard sendiri ditawarkan Toyota Indonesia dalam dua jenis mesin. Ada Alphard dengan mesin 2.500 cc hybrid dan ada pula yang bermesin 3.500 cc non-hybrid.

4. Ada wireless charger
Sebagai mobil yang eksis di era digital tentunya penting untuk memudahkan para penumpangnya dalam mengisi daya smartphone. Terdapat fitur wireless charger di dalam konsol tengah yang siap memberikan kemudahan penumpangnya.

5. Fleksibilitas baik
Memiliki kabin yang sangat lapang, penumpang dimudahkan mengaksesnya dengan pintu geser alias sliding door yang bisa terbuka dan tertutup secara elektris. Ground clearance MPV ini yang hanya 160 mm juga memudahkan untuk penumpang anak kecil maupun lansia untuk menaikinya. Bangku baris kedua yang mudah digeser-geser juga memudahkan untuk mengakses bangku paling belakang.

Kekurangan

1. Radius putar
Dengan dimensinya yang tak kecil, Anda harus terbiasa dengan radius putar yang juga tak kecil. Wheelbase Alphard sendiri mencapai 3.000 mm atau sepanjang 3 meter. Sedangkan demi menghasilkan kabin yang lapang, lebar mobil ini mencapai 1.850 mm dan panjang keseluruhan Alphard hampir sepanjang 5 meter!

2. Minim slot USB
Walau punya fitur canggih wireless charging, sayang sekali sulit untuk menemukan slot USB di mobil ini. Slot USB di dekat monitor merupakan satu-satunya yang ada di kabin Alphard. Dengan demikian para penumpang akan kesusahan untuk mengisi daya gadget.

3. Sandaran kaki hilang
Pada Alphard generasi kedua, selain ada penopang paha yang bisa aktif secara elektris di bangku baris kedua, ada pula sandaran kaki yang menumpang pada bagian belakang bangku di depannya. Sayangnya sandaran kaki itu tak ada di generasi terbaru ini.

4. Biaya servis 
Untuk konsumen Alphard mungkin besaran biaya servis bukan jadi masalah berarti. Namun sebagai informasi, biaya servis berkala mobil mewah ini tak bisa dibilang murah. Servis pertama saja Anda wajib mengeluarkan dana Rp 810.500, belum termasuk pajak dan sudah termasuk gratis jasa servis. Sedangkan saat gratis jasa sudah habis, Anda akan dikenai biaya termurah Rp 2.032.100 untuk servis berkala. Servis berkala 11.000 km bahkan sampai Rp 4.433.000.

5. Identik taksi
Karena banyaknya permintaan akan armada mobil mewah dengan muatan banyak, tak heran Alphard dipilih beberapa perusahaan taksi di kota-kota besar. Bahkan jumlahnya terbilang tak sedikit. Hal ini mungkin akan jadi pengaruh ke citra Alphard secara umum sebagai andalan armada taksi.

Kesimpulan

Bisa dibilang Alphard merupakan satu-satunya pilihan MPV mewah di range harga Rp 1 sampai kurang dari Rp 2 miliar. Mobil ini tentunya akan lebih nikmat jika Anda cenderung disupiri dan duduk di bangku baris keduanya yang sangat nyaman. Jika Anda belum punya supir pribadi, nampaknya harus terbiasa dengan karakter mobil berdimensi bongsor yang tidak luwes diajak bermanuver.
 

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Melihat Fitur Lengkap Suzuki Ertiga, Mobil Keluarga Ternyaman Bantuan Membeli
Melihat Fitur Lengkap Suzuki Ertiga, Mobil Keluarga Ternyaman Suzuki Ertiga boleh jadi dinobatkan sebagai mobil keluarga ternyaman yang ada di Indonesia. Kenyamanan yang ditawarkan oleh Suzuki Ertiga dirasa sangat baik. Bahkan competitor terdekatnya pun tak mampu menandingi kenyamanan dari Suzuki Ertiga. Selain punya kenyamanan yang cukup baik, Suzuki Ertiga juga memiliki banyak fitur canggih yang membuatnya lebih unggul dibanding pesaingnya. Lantas, apa saja fitur yang ada pada Suzuki Ertiga?Hal pertama yang dapat dilihat dari Suzuki Ertiga ini adalah ran
Melihat Ruang Kepraktisan Honda Civic Hatchback, Sempit Atau Lega? Bantuan Membeli
Melihat Ruang Kepraktisan Honda Civic Hatchback, Sempit Atau Lega? Meskipun bukanlah faktor utama, akan tetapi Honda Civic Hatchback kerap dianggap memiliki ruang kepraktisan yang besar. Lantas, apakah ruang kepraktisan dari Honda Civic hatchback ini cukup baik? Jika melihat dari tempat minum atau cup holder, Honda Civic hatchback ini dibekali dengan 7 buah cup holder yang tersebar di beberapa titik. Seperti di pintu depan kiri-kanan, pintu belakang kiri-kanan dan ruang di bagian tengah diantara jok.Ruang bagasi dari Honda Civic hatchback bisa dibilang cukup be
Mengetahui Kelegaan Kabin Small Sedan Toyota Vios Bantuan Membeli
Mengetahui Kelegaan Kabin Small Sedan Toyota Vios Toyota Vios merupakan sebuah small sedan yang eksistensinya tergolong panjang umur. Walau di tengah isu harga dan pajak mobil jenis sedan yang tak ekonomis, Toyota tetap konsisten menjual Vios dengan beragam improvisasi.Padahal secara penjualan, Vios tentu tidak selaris model SUV atau MPV Toyota. Namun mobil ini cukup 'beruntung' karena masih bisa survive di pasaran, tidak seperti sejumlah lawannya seperti Suzuki Ciaz yang lebih dahulu stop dijual. Padahal, walau posisinya sebagai s
Review Toyota Vellfire 2020: Sporty Sekaligus Lebih Murah Bantuan Membeli
Review Toyota Vellfire 2020: Sporty Sekaligus Lebih Murah Toyota Vellfire menjadi salah satu opsi MPV mewah dalam di Indonesia. Model yang masih satu saudara dengan Toyota Alphard ini cukup menarik untuk dipinang nagi yang mengincar kemewahan, kelegaan kabin plus eksterior yang cenderung macho.Bicara Vellfire memang sulit jika tidak menyebut Toyota Alphard juga. Sebab Vellfire memang dibangun dengan basis Alphard, secara fitur dan spesifikasi pun sebenarnya kurang lebih dengan saudaranya itu.Vellfire kini melengkapi jajaran opsi MPV mewah Toyota Indone
Biaya Servis Suzuki Carry Model Baru dan Lawas Lebih Murah yang Mana? Bantuan Membeli
Biaya Servis Suzuki Carry Model Baru dan Lawas Lebih Murah yang Mana? Suzuki Carry pick up generasi terbaru sudah eksis selama setahun ini. Telah terungkap pula biaya perawatannya, dalam situs resmi Suzuki Indonesia tertera sangat jelas bahwa mobil niaga ringan ini punya biaya servis sangat ekonomis.Hal itu karena Suzuki berani memberi promo diskon jasa servis dan sparepart untuk New Carry ini. Alhasil dari jarak tempuh 1.000 km sampai 50.000 km pemilik New Carry hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 1 jutaan saja untuk servis.Murahnya biaya servis Carry generasi terb

Lebih

Beranda