< img height="1" width="1" style="display:none" src="https://www.facebook.com/tr?id=2589212088033094&ev=PageView&noscript=1" />

Rancangan Stimulus GAIKINDO Agar Penjualan Mobil Bergairah Lagi

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau yang disingkat GAIKINDO telah mengumumkan laporan penjualan mobil dalam negeri terbaru. Sudah bisa ditebak, performa penjualan mobil domestik Indonesia satu sampai dua bulan ke belakang sedang terpuruk.

Sepertinya bukan Indonesia saja, berbagai negara yang tengah dilanda badai virus Corona sepertinya juga tengah mengalami keterpurukan penjualan mobil baru. 

Begitu besarnya dampak virus Corona, sampai-sampai GAIKINDO melaporkan penurunan penjualan mobil pada periode bulan lalu (April) anjlok hingga 90 persen!

Sepanjang April 2020, GAIKINDO mencatat bahwa mobil baru yang terjual secara wholesale jumlahnya bahkan tidak sampai 8.000 unit. Wholesale sendiri merupakan perhitungan penjualan mobil dari pabrik atau Agen Tunggal Pemegang Merek ke dealer-dealer, bisa juga disebut grosir.

Sedangkan sebulan sebelum April, yakni periode Maret 2020 penjualan wholesales nasional masih di angka yang cukup baik, yakni 76.800 unit mobil baru. Sayangnya Yohannes Nangoi selaku Ketua Umum GAIKINDO memprediksi bahwa periode Mei penjualan mobil domestik bahkan akan lebih rendah lagi.

Hal itu, menurut Yohanes Nangoi, dikarenakan masih berlakunya peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar di kota-kota besar, penghentian sementara kegiatan produksi sejumlah pabrikan hingga lemahnya daya beli konsumen akan mobil baru.

Secara umum, Nangoi mengatakan penjualan mobil di Indonesia di tahun 2020 akan mengalami penyusutan hingga 40% persen. Kendati demikian, Yohanes Nangoi memprediksi akan ada kebangkitan penjualan pada mulai Juli mendatang.

Lantas apa saran maupun langkah GAIKINDO agar menggairahkan lagi penjualan domestik? Sebab tentunya industri dan semua insan otomotif tanah air tak boleh menyerah dengan keadaan. 

3 Stimulus

Dalam sebuah paparan virtual yang disajikan GAIKINDO pada Jumat, 15 Mei 2020, setidaknya ada tiga hal yang disarankan agar dijalankan pemerintah. Tiga hal stimulus ini dirancang GAIKINDO sebagai rangsangan industri otomotif kembali bergairah dan harapannya mau dijalankan pemerintah.

Yang pertama adalah Relaksasi Pajak. Pajak Kendaraan Bermotor yang sekarang 10-12,5% diharapkan bisa didiskon 30 sampai 50 persen. Perusahaan yang memegang KITE (Kemudahan Impor Tujuan Ekspor) juga diharap untuk bisa menjadwal ulang pajak penghasilan ekspor. Dan GAIKINDO juga berharap negara bisa secara signifikan mengurangi proses pengembalian pajak.

Kedua, dari sisi impor. GAIKINDO berharap Bea Cukai bisa menambah tambah tanggal jatuh tempo proses dokumen, bukan 1 sampai 3 hari, tapi menjadi 2 sampai 3 minggu. Ini karena sebagian besar negara asal menerapkan kebijakan lock down.

Ketiga, ada hal-hal lainnya yang diharap GAIKINDO bisa didapat para pabrikan. Seperti penidiaan biaya penggunaan minimum untuk PLN dan Gas dan menggunakan mata uang Rupiah, bukan Dolar Amerika Serikat. Kemudian GAIKINDO juga berharap akan optimalisasi kapasitas produksi.

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Melihat Fitur Lengkap Suzuki Ertiga, Mobil Keluarga Ternyaman Bantuan Membeli
Melihat Fitur Lengkap Suzuki Ertiga, Mobil Keluarga Ternyaman Suzuki Ertiga boleh jadi dinobatkan sebagai mobil keluarga ternyaman yang ada di Indonesia. Kenyamanan yang ditawarkan oleh Suzuki Ertiga dirasa sangat baik. Bahkan competitor terdekatnya pun tak mampu menandingi kenyamanan dari Suzuki Ertiga. Selain punya kenyamanan yang cukup baik, Suzuki Ertiga juga memiliki banyak fitur canggih yang membuatnya lebih unggul dibanding pesaingnya. Lantas, apa saja fitur yang ada pada Suzuki Ertiga?Hal pertama yang dapat dilihat dari Suzuki Ertiga ini adalah ran
Melihat Ruang Kepraktisan Honda Civic Hatchback, Sempit Atau Lega? Bantuan Membeli
Melihat Ruang Kepraktisan Honda Civic Hatchback, Sempit Atau Lega? Meskipun bukanlah faktor utama, akan tetapi Honda Civic Hatchback kerap dianggap memiliki ruang kepraktisan yang besar. Lantas, apakah ruang kepraktisan dari Honda Civic hatchback ini cukup baik? Jika melihat dari tempat minum atau cup holder, Honda Civic hatchback ini dibekali dengan 7 buah cup holder yang tersebar di beberapa titik. Seperti di pintu depan kiri-kanan, pintu belakang kiri-kanan dan ruang di bagian tengah diantara jok.Ruang bagasi dari Honda Civic hatchback bisa dibilang cukup be
Mengetahui Kelegaan Kabin Small Sedan Toyota Vios Bantuan Membeli
Mengetahui Kelegaan Kabin Small Sedan Toyota Vios Toyota Vios merupakan sebuah small sedan yang eksistensinya tergolong panjang umur. Walau di tengah isu harga dan pajak mobil jenis sedan yang tak ekonomis, Toyota tetap konsisten menjual Vios dengan beragam improvisasi.Padahal secara penjualan, Vios tentu tidak selaris model SUV atau MPV Toyota. Namun mobil ini cukup 'beruntung' karena masih bisa survive di pasaran, tidak seperti sejumlah lawannya seperti Suzuki Ciaz yang lebih dahulu stop dijual. Padahal, walau posisinya sebagai s
Review Toyota Vellfire 2020: Sporty Sekaligus Lebih Murah Bantuan Membeli
Review Toyota Vellfire 2020: Sporty Sekaligus Lebih Murah Toyota Vellfire menjadi salah satu opsi MPV mewah dalam di Indonesia. Model yang masih satu saudara dengan Toyota Alphard ini cukup menarik untuk dipinang nagi yang mengincar kemewahan, kelegaan kabin plus eksterior yang cenderung macho.Bicara Vellfire memang sulit jika tidak menyebut Toyota Alphard juga. Sebab Vellfire memang dibangun dengan basis Alphard, secara fitur dan spesifikasi pun sebenarnya kurang lebih dengan saudaranya itu.Vellfire kini melengkapi jajaran opsi MPV mewah Toyota Indone
Biaya Servis Suzuki Carry Model Baru dan Lawas Lebih Murah yang Mana? Bantuan Membeli
Biaya Servis Suzuki Carry Model Baru dan Lawas Lebih Murah yang Mana? Suzuki Carry pick up generasi terbaru sudah eksis selama setahun ini. Telah terungkap pula biaya perawatannya, dalam situs resmi Suzuki Indonesia tertera sangat jelas bahwa mobil niaga ringan ini punya biaya servis sangat ekonomis.Hal itu karena Suzuki berani memberi promo diskon jasa servis dan sparepart untuk New Carry ini. Alhasil dari jarak tempuh 1.000 km sampai 50.000 km pemilik New Carry hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 1 jutaan saja untuk servis.Murahnya biaya servis Carry generasi terb

Lebih

Beranda