< img height="1" width="1" style="display:none" src="https://www.facebook.com/tr?id=2589212088033094&ev=PageView&noscript=1" />

Perbandingan Mesin Diesel Isuzu Panther dengan Toyota Kijang Innova

Jika kita bicara mengenai MPV bermesin diesel memang tidak banyak lagi yang saat ini tersedia di pasaran. Saat ini MPV yang cukup ramai diminati dengan spesifikasi mesin diesel hanya tersisa Isuzu Panther dan Toyota Kijang Innova diesel. 

Keduanya memang tergolong produk yang long lasting eksistensinya di tanah air. Namun bedanya, Isuzu Panther tak pernah ganti generasi dari dulu sampai sekarang. Sedangkan Kijang Innova sudah berganti-ganti model menyesuaikan zaman dan permintaan konsumen.

Bicara soal mesin diesel masing-masing mobil ini memang sangat seru. Sebab, jenis mesin ini memang terkenal akan durabilitasnya yang baik sekaligus irit bahan bakar.

Untuk itu dalam artikel ini akan kita bahas mengenai perbandingan mesin penenggak solar milik Isuzu Panther dengan kepunyaan Toyota Kijang Innova diesel. Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah mengenai kapasitas silindernya.

Isuzu mengandalkan mesin diesel dengan kapasitas 2.500 cc untuk Panther. Sedangkan Toyota pakai mesin berkubikasi lebih kecil, tepatnya 2.400 cc. Lantas apakah dari sini bisa disimpulkan bahwa Kijang Innova tenaganya lebih rendah?

Ternyata tak bisa sampai situ menyimpulkannya. Sebab ternyata harus kita lihat pula berbagai perangkat pendukung dapur pacunya. Keduanya sama-sama dibekali turbocharger, namun mesin Panther masih pakai turbo diesel konvensional.

Sedangkan Toyota sudah menerapkan teknologi Variable Nozzle Turbo atau disingkat VNT pada mesin Kijang Innova. Bahkan didukung pula dengan perangkat pendinginan intercooler. Dapur pacu Kijang Innova yang mirip dengan kepunyaan Toyota Fortuner diesel ini bahkan bisa dibilang sebagai mesin diesel modern. Efisiensi bahan bakar sekaligus tenaga besar diklaim bisa mudah tercipta.

Sedangkan dapur pacu milik Panther merepresentasikan kemajuan teknologinya hanya sebatas dengan penggunaan direct injection saja. Dengan teknologi tersebut, suplai solar ke ruang bakar dijanjikan lebih presisi.

Lantas bagaimana dengan tenaga yang mampu dihasilkan dari masing-masing MPV peminum solar ini? Ternyata modal mesin berkapasitas sedikit lebih besar saja tak mampu membuat Panther mengungguli Kijang Innova.

Pasalnya mesin Panther berkode 4JA1-L hanya mampu merilis tenaga hanya 80 ps pada 3.500 Rpm dan torsi puncaknya di angka 191 Nm pada 1.800 Rpm. Angka lebih besar bisa kita peroleh dengan di Kijang Innova.

Mesin diesel berkode 2GDFTV milik Kijang Innova mampu merilis daya maksimum mencapai 149 ps pada 3.400 Rpm. Sedangkan torsinya bisa mencapai 359 Nm pada 2.600 Rpm saja.

Satu hal cukup mendasar yang cukup membuat Panther tertinggal dari kompetitornya ini adalah soal transmisi, Sayang sekali Isuzu hanya menyediakan transmisi manual 5 percepatan saja. Sedangkan Kijang Innova selain ada opsi transmisi manual, ada pula opsi transmisi otomatis 6 percepatan.

Saat ini Panther tersedia dalam 4 varian dengan harga termurah Rp 286,6 juta sampai yang tertinggi adalah Rp 342,3 juta. Sedangkan Kijang Innova khusus bermesin diesel tersedia tersedia dalam 3 varian, termurah di angka Rp 355,95 juta sampai yang termahal di angka Rp 408,75 juta.

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Melihat Fitur Lengkap Suzuki Ertiga, Mobil Keluarga Ternyaman Bantuan Membeli
Melihat Fitur Lengkap Suzuki Ertiga, Mobil Keluarga Ternyaman Suzuki Ertiga boleh jadi dinobatkan sebagai mobil keluarga ternyaman yang ada di Indonesia. Kenyamanan yang ditawarkan oleh Suzuki Ertiga dirasa sangat baik. Bahkan competitor terdekatnya pun tak mampu menandingi kenyamanan dari Suzuki Ertiga. Selain punya kenyamanan yang cukup baik, Suzuki Ertiga juga memiliki banyak fitur canggih yang membuatnya lebih unggul dibanding pesaingnya. Lantas, apa saja fitur yang ada pada Suzuki Ertiga?Hal pertama yang dapat dilihat dari Suzuki Ertiga ini adalah ran
Melihat Ruang Kepraktisan Honda Civic Hatchback, Sempit Atau Lega? Bantuan Membeli
Melihat Ruang Kepraktisan Honda Civic Hatchback, Sempit Atau Lega? Meskipun bukanlah faktor utama, akan tetapi Honda Civic Hatchback kerap dianggap memiliki ruang kepraktisan yang besar. Lantas, apakah ruang kepraktisan dari Honda Civic hatchback ini cukup baik? Jika melihat dari tempat minum atau cup holder, Honda Civic hatchback ini dibekali dengan 7 buah cup holder yang tersebar di beberapa titik. Seperti di pintu depan kiri-kanan, pintu belakang kiri-kanan dan ruang di bagian tengah diantara jok.Ruang bagasi dari Honda Civic hatchback bisa dibilang cukup be
Mengetahui Kelegaan Kabin Small Sedan Toyota Vios Bantuan Membeli
Mengetahui Kelegaan Kabin Small Sedan Toyota Vios Toyota Vios merupakan sebuah small sedan yang eksistensinya tergolong panjang umur. Walau di tengah isu harga dan pajak mobil jenis sedan yang tak ekonomis, Toyota tetap konsisten menjual Vios dengan beragam improvisasi.Padahal secara penjualan, Vios tentu tidak selaris model SUV atau MPV Toyota. Namun mobil ini cukup 'beruntung' karena masih bisa survive di pasaran, tidak seperti sejumlah lawannya seperti Suzuki Ciaz yang lebih dahulu stop dijual. Padahal, walau posisinya sebagai s
Review Toyota Vellfire 2020: Sporty Sekaligus Lebih Murah Bantuan Membeli
Review Toyota Vellfire 2020: Sporty Sekaligus Lebih Murah Toyota Vellfire menjadi salah satu opsi MPV mewah dalam di Indonesia. Model yang masih satu saudara dengan Toyota Alphard ini cukup menarik untuk dipinang nagi yang mengincar kemewahan, kelegaan kabin plus eksterior yang cenderung macho.Bicara Vellfire memang sulit jika tidak menyebut Toyota Alphard juga. Sebab Vellfire memang dibangun dengan basis Alphard, secara fitur dan spesifikasi pun sebenarnya kurang lebih dengan saudaranya itu.Vellfire kini melengkapi jajaran opsi MPV mewah Toyota Indone
Biaya Servis Suzuki Carry Model Baru dan Lawas Lebih Murah yang Mana? Bantuan Membeli
Biaya Servis Suzuki Carry Model Baru dan Lawas Lebih Murah yang Mana? Suzuki Carry pick up generasi terbaru sudah eksis selama setahun ini. Telah terungkap pula biaya perawatannya, dalam situs resmi Suzuki Indonesia tertera sangat jelas bahwa mobil niaga ringan ini punya biaya servis sangat ekonomis.Hal itu karena Suzuki berani memberi promo diskon jasa servis dan sparepart untuk New Carry ini. Alhasil dari jarak tempuh 1.000 km sampai 50.000 km pemilik New Carry hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 1 jutaan saja untuk servis.Murahnya biaya servis Carry generasi terb

Lebih

Beranda