Pembelian Mobil Secara Cash Meningkat Gara-gara Virus Corona

Dalam situasi sulit seperti sekarang karena dampak wabah Covid-19, berbagai sektor kena imbasnya. Termasuk ranah penjualan mobil dalam negeri. 

Semua merek dipastikan mendapati angka penjualan yang turun, sangat berbeda dibanding tahun sebelumnya. Apalagi saat ini merupakan periode yang jadi momentum orang beli mobil baru untuk mudik Lebaran.

Namun itu pupus sudah, para pabrikan harus menelan pil pahit karena ekonomi yang melemah, ditambah adanya pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah kota. Dengan adanya PSBB maka pemerintah melarang kegiatan mudik Lebaran 2020.

Di sektor penjualan mobil baru, PT Astra Daihatsu Motor malah menyebut adanya trend baru metode pembayaran. Dalam sebuah konferensi pers virtual beberapa hari lalu, Daihatsu menyampaikan konsumen lebih memilih pembayaran cash dibanding angsuran. 

Sebelum adanya badai pandemi virus Corona ini, metode pembelian mobil didominasi oleh kredit. Rinciannya, 80 persen pembeli mobil baru Daihatsu pakai sistem kredit dan 20 persen sisanya baru pakai sistem pembayaran cash.

Kini hal itu terbalik. "Sekarang yang bayar dengan cash meningkat. Yang kredit 75 persen dan 25 persen cash,” ujar Hendrayadi Lastiyoso yang menjabat Marketing dan CR Division Head Astra International Daihatsu Sales Operation.

Di samping itu, kredit mobil juga diketahui makin diperketat oleh para lembaga pembiayaan. Jika sebelum masa pandemi konsumen bisa mengajukan pembiayaan mobil  baru dengan uang muka atau down payment hanya sebesar 25-30 persen, kini hal itu tidak lagi bisa didapatkan.

Akibat Kredit Ketat

"Saat ini, leasing untuk DP harus 40 persen. Ini jadi salah satu faktor penjualan kami turun di April. Leasing sangat memilih sekali, konsumen yang memang benar-benar mampu," ujar Yusak Billy selaku Business Inovation and Marketing merangkap Sales Director PT Honda Prospect Motor saat konferensi pers virtual pekan lalu.

Pernyataan yang dilontarkan pihak Daihatsu pun juga diamini Billy. Ia menjelaskan bahwa ketatnya uang muka kredit berdampak pada meningkatnya jumlah konsumen yang melakukan pembelian secara tunai. Meski demikian, tidak semua mampu melakukannya.

“First time buyer memang kredit. Saat ini, 50 persen tunai dan 50 persen kredit. Pembeli Honda Brio kebanyakan kredit, sekitar 60 persen,” tutur Billy.

0
Bagikan

Berita Terbaru

Berita
Mobil Misterius Honda Untuk Indonesia Honda tampaknya paham akan trend compact SUV yang sedang naik daun. Pasalnya beberapa waktu belakangan ini berhembus kabar mengenai sosok mobil baru bernama Honda ZR-V.Banyak yang meyakini bahwa Honda ZR-V akan selevel dengan mobil baru Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang sudah hadir di Jepang. Menariknya, pihak PT Honda Prospect Motor telah buka suara mengenai isu ini.Sebab, ada gosib yang menyebut bahwa Honda ZR-V ini punya peluang untuk masuk pasar Indonesia. Nama ZR-V sendiri saat ini diket
Bantuan Membeli
Mau Beli Honda HR-V? Cek Dulu 7 Fakta ini Honda HR-V menjadi compact SUV yang sangat populer saat ini di Indonesia. Salah satu indikator popularitasnya mudah diketahui, pertama dari angka penjualannya yang sangat tinggi di kelas compact SUV. Kedua, Anda dengan sangat mudah melihat Honda HR-V mondar-mandir di jalanan kota-kota besar. Memang, mobil ini terbilang sebagai salah satu produk tersukses PT Honda Prosepect Motor saat ini.Tak sedikit yang mau meminang Honda HR-V, bahkan bukan cuma unit baru, mobil bekasnya pun kini banyak di
Berita
Gagal Resmi Meluncur, DFSK Glory i-Auto Bisa di-Test Drive Kehadiran pemain baru di segmen SUV, DFSK Glory i-Auto disebut sudah ditunggu-tunggu publik. SUV varian tertinggi dari famili Glory ini diprediksi akan menjadi lawan yang cukup sengit. Berbekal desain gril futuristik dan fitur canggih, Glory i-Auto diyakini mampu berbicara banyak di pasar otomotif Tanah Air.Dari beragam respons publik di GIIAS 2019 dan testimoni dari media otomotif lainnya, Glory i-Auto benar-benar membuat penasaran. Ketambahan lagi, peluncuran yang sedianya dilakukan di IIMS 20
Berita
Yuk, Intip Fitur Canggih All New BMW X6 BMW secara resmi telah meluncurkan generasi ketiga SUV coupe mereka, X6. Mobil yang didatangkan langsung dari pabrik BMW di Spartanburg, South Carolina ini dibanderol dengan harga Rp1,899 miliar (off the road). Harga ini sudah termasuk garansi BMW Service Inclusive dan BMW Group Tire Coverage."New BMW X6 hadir dengan kombinasi sempurna antara kenyamanan, kemewahan dan dinamika berkendara yang masih tak tertandingi hingga hari ini," ujar Direktur Komunikasi BMW Group Indonesia, Jodie O&
Berita
Kenapa Toyota RAV4 Tidak Hadir di Indonesia? Toyota Indonesia terbilang cukup sukses menjual produk berspesies SUV di Indonesia. Tapi ada hal menarik jika bicara SUV Toyota. Sebab ada sebuah produk SUV Toyota yang sangat populer di mancanegara yang ternyata tidak dijual di tanah air.Mobil tersebut adalah Toyota RAV4. Dengan prediksi segmen SUV akan terus mengalami perkembangan dan permintaan pasar, mungkinkah RAV4 akan punya peluang untuk hadir di tanah air?PT Toyota Astra Motor pun angkat bicara untuk menjawab pertanyaan tersebut. Namun s

Lebih

Beranda