< img height="1" width="1" style="display:none" src="https://www.facebook.com/tr?id=2589212088033094&ev=PageView&noscript=1" />

Mengupas Honda Jazz yang Kental Aura Sporty

Honda Jazz merupakan sebuah medium hatchback yang terbilang sukses di Indonesia. Bermain di kelas medium hatchback, ia punya musuh bebuyutan bernama Toyota Yaris.

Jazz dan Yaris selalu saja berebutan posisi nomor satu dalam urutan medium hatchback terlaris. Namun nama Jazz yang cukup harum di pasaran selalu saja jadi pilihan utama konsumen.

Untuk ukuran sebuah medium hatchback, produk Honda satu ini memang cukup menggoda. Mulai dari desainnya yang sangat segar dan sporty, fitur di kabinnya banyak yang oke, hingga performa mesinnya yang cukup impresif jadi alasan kuat untuk meminang mobil ini.

Berkat desainnya yang keren plus bekal mesin 1.500 cc-nya, Jazz identik dengan mobilnya anak muda. Namun di samping itu, fleksibilitas kabinnya juga mampu memikat konsumen dari kalangan keluarga muda.

Tak cuma sukses di pasaran untuk penggunaan harian, Jazz juga tergolong sukses di kancah balap mobil nasional. PT Honda Prospect Motor selaku produsen Jazz bahkan rajin memanfaatkan ranah motorsport sebagai sarana promosi medium hatchback-nya ini. Tak heran, ini karena Honda berambisi menonjolkan keunggulan dapur pacu Jazz yang disebut-sebut sangat memuaskan para penikmat kecepatan.

Bicara sekilas sejarahnya, eksistensi Jazz sudah sangat lama di tanah air. Model ini juga dijual di Jepang, namun di negara tersebut tidak bernama Jazz melainkan Honda Fit, sejak generasi pertama hingga sekarang. Namun sejak generasi pertamanya debut di Indonesia, Jazz tidak diimpor dari Jepang, melainkan Thailand.

Namun Jazz Completely Built Up alias CBU Thailand sudah tak lagi masuk tanah air. Saat ini Jazz di Indonesia merupakan generasi ketiga dan sudah dibuat, atau lebih tepatnya dirakit di pabrik Honda yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat.

Sebenarnya pada 2019 lalu Honda Jazz generasi keempat sudah resmi muncul dan kini sudah dipasarkan di Jepang dan beberapa negara di Eropa. Sayangnya karena desainnya yang mendapat banyak kritik, Jazz generasi terbaru itu digosipkan tak akan masuk pasar domestik Indonesia. Namun sampai detik ini belum ada tanda-tanda PT Honda Prospect Motor menghentikan penjualan Jazz.

Lantas bagaimana review mengenai Honda Jazz ini? Langsung saja kita bahas satu per satu.

Eksterior

Seperti yang sudah kami sebut tadi, kata "sporty" memainkan peran besar dalam bahasa desain Honda Jazz. Tidak ada aura elegan yang ditonjolkan di sekujur bodi Jazz. Mulai dari bumper depan, guratan bodi samping dan area buntut yang dinamis sangat mengentalkan nafas sporty namun dalam batasan yang sangat proporsional.

Varian tertinggi yakni Honda Jazz RS sangat menarik untuk dikulik. Sebab Honda tak tanggung-tanggung dalam memberi kelengkapan eksterior hingga tak berlebihan jika varian ini disebut yang paling tampan.

Mulai dari bumper depan dengan aksen spoiler lips hitam, tambahan side skirt di bawah pintu dan bumper belakang yang dilengkapi diffuser menjadi pendongkrak tampilan Jazz RS. Seolah kelengkapan body kit tersebut jadi otot tambahan di sekucur bodi Jazz. Sebagai pembeda juga dan penanda identitas, Honda menyematkan emblem "RS" bukan cuma di pintu bagasi, tapi juga di bagian grill.

Untuk pelek, Jazz tak pakai pelek yang seragam. Maksudnya adalah, varian RS menggunakan pelek lingkar 16 inci sedangkan Jazz standar alias di bawah RS, menggunakan pelek lingkar 15 inci. Namun varian bawah tersebut sudah menganut jenis alloy wheel.

Urusan penerangan juga jadi salah satu hal menarik di eksterior Honda Jazz ini. Sebab lampu depan sudah pakai full LED yang dilengkapi Day Running Light (DRL) yang pakai teknologi LED juga. Lampu kabut, lampu sein di spion elektrik juga jadi kelengkapan standar Jazz RS ini.

Sayang kelengkapan tersebut tak ditemui pada Jazz varian standar yang masih mengandalkan bohlam halogen pada lampu-lampunya. Namun menariknya untuk menunjang keamanan, keduanya sudah pakai keyless dan sistem immobilizer. Spion yang dapat terlipat secara otomatis juga jadi standar keduanya.

Interior

Saat masuk ke kabin, Honda berhasil mempertahankan citra sporty, meski pada Jazz varian standar. Maka tentu nuansa kabin di Jazz varian RS sangat kuat aroma racing-nya. Dominasi warna gelap berpadu dengan beberapa aksen jahitan warna terang sangat sedap dipandang mata.

Untuk Jazz RS maupun standar sama-sama masih menggunakan pembungkus jok berbahan fabric. Untuk mengatur atau menyesuaikan posisi mengemudi pun keduanya masih pakai sistem mekanis alias manual.

Pada Jazz RS juga dilengkapi berbagai fitur di bagian kokpit yang cukup memukau. Mulai dari Engine Start-Stop Button, Auto AC with Smart Touch, audio steering switch, paddle shift hingga cruise control jadi menu utama di kokpit Jazz RS.

Dan yang tak boleh dilupakan jika membahas interior Jazz tentu adalah kemampuan baris keduanya yang mampu dilipat hingga rata lantai. Fitur yang dinamai Honda sebagai Ultra Seat ini tersedia baik di Jazz RS maupun standar.

Dengan dilipatnya bangku kedua, kabin Jazz langsung berubah jadi area angkung barang yang sangat lega. Tentu dengan ratanya lantai jadi keunggulan karena tak ada halangan saat harus mengangkut benda seperti sepeda tanpa dibongkar, koper besar atau bahkan papan surfing.

Mesin

Ruang di balik kap mesin Jazz dihuni oleh sebongkah dapur pacu berkapasitas bersih 1.497 cc. Mesin yang berteknologi i-VTEC yang masih SOHC ini mampu merilis daya mencapai 120 PS dalam putaran 6.600 Rpm. Sedangkan torsi puncaknya bisa sampai 145 Nm dengan teriakan mesin di 4.600 Rpm.

Tenaga yang dihasilkan dapur pacu Jazz disalurkan secara paripurna oleh transmisi berteknologi CVT (continuously variable transmission) yang menjanjikan kenikmatan berkendara yang presisi.

Sedangkan untuk Jazz tipe bertransmisi manual, Honda menganut percepatan 5 speed. Untuk mesin dan transmisi tak ada perbedaan baik untuk Jazz RS maupun standar.

Kesimpulan

Honda Jazz generasi ketiga yang dijual di Indonesia memang masih menarik untuk dimiliki. Apalagi jika Anda merupakan seorang yang senang akan mobil yang kencang dan presisi dalam mengemudi. Hal itu berkat jaminan mesin i-VTEC dan transmisi berteknologi CVT yang disodorkan Honda.

Kabin yang punya fleksibilitas sangat baik di kelasnya, juga menjadi semacam bonus. Walau sebenarnya kabin yang sangat luas daya angkut barangnya mungkin akan jadi mubazir jika dipakai oleh konsumen Jazz yang rata-rata anak muda penuh dengan mobilitas harian.

Spesifikasi dan harga
Mesin i-VTEC 1.500 cc SOHC
Konfigurasi 4 silinder
Transmisi Manual 5 percepatan / CVT
Tenaga 120 PS / 6.600 Rpm
Torsi 145 Nm / 4.600 Rpm
Lingkar Roda 15 inci (RS), 16 inci (RS)
Rem depan Cakram
Rem belakang Tromol
Honda New Jazz
New Jazz MT Rp 250,2 juta
New Jazz CVT Rp 260,5 juta
New Jazz RS MT Rp 282,3 juta
New Jazz RS CVT Rp 292,5 juta

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Melihat Fitur Lengkap Suzuki Ertiga, Mobil Keluarga Ternyaman Bantuan Membeli
Melihat Fitur Lengkap Suzuki Ertiga, Mobil Keluarga Ternyaman Suzuki Ertiga boleh jadi dinobatkan sebagai mobil keluarga ternyaman yang ada di Indonesia. Kenyamanan yang ditawarkan oleh Suzuki Ertiga dirasa sangat baik. Bahkan competitor terdekatnya pun tak mampu menandingi kenyamanan dari Suzuki Ertiga. Selain punya kenyamanan yang cukup baik, Suzuki Ertiga juga memiliki banyak fitur canggih yang membuatnya lebih unggul dibanding pesaingnya. Lantas, apa saja fitur yang ada pada Suzuki Ertiga?Hal pertama yang dapat dilihat dari Suzuki Ertiga ini adalah ran
Melihat Ruang Kepraktisan Honda Civic Hatchback, Sempit Atau Lega? Bantuan Membeli
Melihat Ruang Kepraktisan Honda Civic Hatchback, Sempit Atau Lega? Meskipun bukanlah faktor utama, akan tetapi Honda Civic Hatchback kerap dianggap memiliki ruang kepraktisan yang besar. Lantas, apakah ruang kepraktisan dari Honda Civic hatchback ini cukup baik? Jika melihat dari tempat minum atau cup holder, Honda Civic hatchback ini dibekali dengan 7 buah cup holder yang tersebar di beberapa titik. Seperti di pintu depan kiri-kanan, pintu belakang kiri-kanan dan ruang di bagian tengah diantara jok.Ruang bagasi dari Honda Civic hatchback bisa dibilang cukup be
Mengetahui Kelegaan Kabin Small Sedan Toyota Vios Bantuan Membeli
Mengetahui Kelegaan Kabin Small Sedan Toyota Vios Toyota Vios merupakan sebuah small sedan yang eksistensinya tergolong panjang umur. Walau di tengah isu harga dan pajak mobil jenis sedan yang tak ekonomis, Toyota tetap konsisten menjual Vios dengan beragam improvisasi.Padahal secara penjualan, Vios tentu tidak selaris model SUV atau MPV Toyota. Namun mobil ini cukup 'beruntung' karena masih bisa survive di pasaran, tidak seperti sejumlah lawannya seperti Suzuki Ciaz yang lebih dahulu stop dijual. Padahal, walau posisinya sebagai s
Review Toyota Vellfire 2020: Sporty Sekaligus Lebih Murah Bantuan Membeli
Review Toyota Vellfire 2020: Sporty Sekaligus Lebih Murah Toyota Vellfire menjadi salah satu opsi MPV mewah dalam di Indonesia. Model yang masih satu saudara dengan Toyota Alphard ini cukup menarik untuk dipinang nagi yang mengincar kemewahan, kelegaan kabin plus eksterior yang cenderung macho.Bicara Vellfire memang sulit jika tidak menyebut Toyota Alphard juga. Sebab Vellfire memang dibangun dengan basis Alphard, secara fitur dan spesifikasi pun sebenarnya kurang lebih dengan saudaranya itu.Vellfire kini melengkapi jajaran opsi MPV mewah Toyota Indone
Biaya Servis Suzuki Carry Model Baru dan Lawas Lebih Murah yang Mana? Bantuan Membeli
Biaya Servis Suzuki Carry Model Baru dan Lawas Lebih Murah yang Mana? Suzuki Carry pick up generasi terbaru sudah eksis selama setahun ini. Telah terungkap pula biaya perawatannya, dalam situs resmi Suzuki Indonesia tertera sangat jelas bahwa mobil niaga ringan ini punya biaya servis sangat ekonomis.Hal itu karena Suzuki berani memberi promo diskon jasa servis dan sparepart untuk New Carry ini. Alhasil dari jarak tempuh 1.000 km sampai 50.000 km pemilik New Carry hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 1 jutaan saja untuk servis.Murahnya biaya servis Carry generasi terb

Lebih

Beranda