Kenapa Toyota RAV4 Tidak Hadir di Indonesia?

Toyota Indonesia terbilang cukup sukses menjual produk berspesies SUV di Indonesia. Tapi ada hal menarik jika bicara SUV Toyota. Sebab ada sebuah produk SUV Toyota yang sangat populer di mancanegara yang ternyata tidak dijual di tanah air.

Mobil tersebut adalah Toyota RAV4. Dengan prediksi segmen SUV akan terus mengalami perkembangan dan permintaan pasar, mungkinkah RAV4 akan punya peluang untuk hadir di tanah air?

PT Toyota Astra Motor pun angkat bicara untuk menjawab pertanyaan tersebut. Namun sayangnya jawabannya tak memuaskan bagi yang berharap bisa memiliki RAV4 versi Indonesia.

Anton Jimmi Suwandy selaku Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor menyebut bahwa peluang RAV4 untuk meluncur di Indonesia sangatlah kecil. "Saya pikir tidak cuman RAV4, tapi semua produk baru semua produk line up itu pasti kita pelajari," terang Anton Jimmi.

Menurutnya, semua produk SUV Toyota dilakukan pembelajaran dan riset pasar untuk melihat peluangnya di Indonesia. Namun ternyata sejauh ini Toyota masih bisa memenuhi permintaan dengan adanya Fortuner dan Rush. Sejauh ini, dari studi-studi teresebut, Toyota RAV4 belum masuk kategori permintaan pasar Indonesia.

"Jadi kalau ke depannya produk ini semakin cocok dan sesuai dengan kebutuhan di Indonesia ya kenapa tidak kita perkenalkan," imbuh Anton Jimmi beberapa waktu lalu.

Asing di Telinga

Sebagai informasi, Toyota RAV4 sampai saat ini disebut-sebut sebagai salah satu mobil terlaris di dunia. Dari data yang dirilis Focus2Move, pada tahun 2019 ada sekitar 931 ribu unit RAV4 yang sudah terjual di seluruh belahan dunia. Dengan demikian, tak heran kalau Toyota RAV4 menempati peringkat ketiga sebagai mobil terlaris dunia sejak 2018, di bawah Toyota Corolla dan Ford F-Series.

Meski sangat populer, terutama di pasar Amerika Serikat, nama Toyota RAV4 sendiri cukup asing di telinga mayoritas masyarakat Indonesia. RAV4 masuk ke Indonesia melalui Importir Umum dan dengan harga yang cukup tinggi.

Saat ini Toyota RAV4 yang dijual di mancanegara merupakan generasi kelima. SUV ini tersedia dalam tiga opsi mesin, ada 2.000 cc dan 2.500 cc tipe bensin, kemudian ada pula mesin 2.500 cc hybrid. Generari pertama Toyota RAV4 sendiri debut pada 1994 silam.


 

0
Bagikan

Berita Terbaru

Berita
Pabrik Baru Hyundai Indonesia Tetap Lanjut Dibangun Sesuai Rencana Hyundai sudah memastikan untuk membangun fasilitas pabrik yang sangat strategis di Indonesia. Berlokasi di daerah Cikarang, Jawa Barat, pembangungan pabrik tersebut tetap berjalan sesuai rencana.Bahkan menurut Lee Kang Hyun yang menjabat Vice President of Hyundai Motor Asia-Pacific HQ, pabrik baru Hyundai Indonesia tersebut diharapkan selesai pada akhir tahun 2020 ini.Dalam sebuah konferensi pers virtual pada Jumat, 15 Mei 2020, pihak Hyundai bahkan akan memulai penjualan dan penjualan pada tahu
Berita
Penjualan Mobil Bulan Mei Diprediksi Semakin 'Boncos' Pandemi virus corona belum usai dan berimbas ke banyak lini sosial maupun bisnis. Tak heran makanya banyak pelaku industri otomotif yang harus menelan pil pahit, terutama para produsen mobil karena jumlah penjualannya merosot tajam.Salah satunya adalah Daihatsu yang mencatat penjualan periode April 2020 menurun hampir separuh dari bulan sebelumnya. Kondisi ini langsung disampaikan oleh Direktur Marketing Amelia Tjandra. Dirinya mengatakan tren penjualan menurun terutama wholesales (distribusi pa
Bantuan Membeli
Honda HR-V dan Hyundai Kona, Siapa Yang Lebih Banyak Fiturnya? Hyundai Kona datang belum lama ini. Crossover compact asal Korea itu memperkaya deretan lini produk Hyundai sekaligus merambah segmen baru, compact crossover. Sport Utility Vehicle (SUV) bergaya hatchback ini dijual dengan harga Rp 363,9 juta.Raja di segmen ini adalah Honda HR-V. Memang HR-V bukan yang pertama, tapi ia yang paling populer saat ini. Padahal harganya bukanlah yang termurah. Ia dijual mulai harga Rp 297 jutaan sampai Rp 415 jutaan. Nah kalau dibandingkan dengan Hyundai Kona, siapa
Berita
Daihatsu Rocky Meluncur 2021, Toyota Raize Masih Tahap Studi PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Daihatsu di Indonesia telah menyatakan Rocky akan hadir pada 2021. Mini SUV ini dipastikan akan hadir tahun depan menyusul pernyataan pabrikan yang tidak akan meluncurkan produk baru lagi tahun ini.Lantaran Rocky adalah proyek bersama, Toyota Raize sebagai kembarannya pun ikut terseret arus rumor. Kalau merunut jejak proyek sebelumnya (Toyota Avanza - Daihatsu Xenia, Calya - Sigra, Rush - Terios, Agya - Ayla) maka idealnya Daihatsu R
Berita
​​​​​​​Daihatsu Rocky Dipastikan Akan Meluncur pada 2021 Secara langsung PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Daihatsu di Indonesia menegaskan tidak ada model baru lagi pada tahun ini. Ini pun sekaligus mengindikasikan SUV teranyar mereka, Rocky akan diluncurkan tahun depan.Senada dengan hal tersebut Corporate Planning & Communication Director PT ADM, Amelia Tjandara mengatakan bahwa Daihatsu Rocky akan muncul pada 2021. Hal ini disampaikan pada teleconference bersama media beberapa waktu kemarin.Bocoran tentang kemuncula

Lebih

Beranda