< img height="1" width="1" style="display:none" src="https://www.facebook.com/tr?id=2589212088033094&ev=PageView&noscript=1" />

Kelebihan dan Kekurangan Nissan Livina

Nissan Livina mulai dijual awal 2019 sekaligus menggantikan Grand Livina yang sudah usang. Dijual mulai harga Rp 208,3 juta sampai Rp 272,1 juta, saudara kandung Mitsubishi Xpander ini menawarkan sejumlah kelebihan.

Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi diterjemahkan lewat kolaborasi Mitsubishi Xpander-Nissan Livina. low MPV (Multi Purpose Vehicle) terbaru dari Nissan ini diproduksi di pabrik Mitsubishi Indonesia. Ia datang dengan sejumlah pembeda dari Xpander, saudaranya.

Setahun sudah Nissan Livina mengaspal di Tanah Air. Pertama datang di awal 2019, ketika itu ia menggoda dengan hadirnya sejumlah fitur baru yang tak dimiliki oleh kompetitor di kelasnya, bahkan oleh Xpander sekalipun. Sebagai konsekuensi, harganya dijual lebih mahal. Tapi itu semua terbayar lewat desain eksterior dan interior yang termewah di antara para rivalnya.

Karena menjadi kontestan termuda di segmen low MPV, Livina jelas punya keunggulan. Karena ia bisa belajar dari kekurangan rival yang sudah lebih awal datang. Namun bukan berarti Nissan Livina tak memiliki kekurangan. Berikut ini adalah ulasannya.

Alasan Membeli Nissan Livina

1. Interior Berbalut Kulit

Nissan Livina punya satu kelebihan yang tak dimiliki oleh kompetitor sekelasnya, yakni jok kulit. Selain Livina, hanya Wuling Confero yang pakai jok kulit sintetis. Bahkan saudaranya, Mitsubishi Xpander Ultimate sekalipun tak pakai jok kulit. Tak hanya kursi, lingkar kemudi Livina juga dibalut kulit. Selain Livina di kelasnya, hanya Ertiga yang kemudinya dibalut kulit.

2. Head Unit Audio dengan konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Livina adalah sistem multimedia layar sentuh 7-inci yang bisa terhubung dengan smartphone, baik Android Auto maupun Apple CarPlay. Opsi sambungan lain, Bluetooth dan USB juga tersedia. Gara-gara ini Xpander sampai mengalami penyegaran di awal 2020 dan memasang head unit layar sentuh 7-inci yang juga dapat terkoneksi dengan smartphone.

3. Dual signature LED Day-time Running Lights

Di bagian luar, Livina juga punya keunggulan. Lampu depan memang posisinya diletakkan di bagian bemper persis di Xpander. Lalu lampu tipis yang berupa lampu senja LED pada Xpander, diubah menjadi dual LED signature with DRL (Day-time Runinng Lights). Livina jadi low MPV pertama yang memakai lampu berkendara siang hari.

4. Fitur Berlimpah

Nissan Livina juga berlimpah fitur. Mulai dari kunci pintar dengan tombol start-stop hingga fitur keselamatan yang lengkap. Sebut saja, Hill Start Assist (HSA), Electronic Stability Control (ESC) hingga Traction Control (TC) tersedia. Rem Anti-lock Brake System (ABS) dengan Electronic Brake Force Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA) serta dual SRS Airbag dan tambahan sensor parkir dan kamera mundur melindungi penghuni kabin Livina. Di kelasnya, Livina memang yang terlengkap soal fitur keselamatan.

5. Eksterior Berdesain Mewah

Harus diakui, walaupun berdiri di atas struktur rangka yang sama dengan Mitsubishi Xpander, hampir seluruh bagian eksterior mobil ini berbeda. Mulai dari wajah yang sudah menganut desain grille V-Motion, pahatan di kap mesin, guratan tegas di sisi bodi, desain bemper belakang hingga bentuk garis lampu kombinasi belakang LED miliknya.

Hebatnya, sentuhan itu sukses memberikan identitas tersendiri bagi Livina. Kalau Xpander memberi kesan gagah, Livina berhasil tampil elegan nan mewah. Tampilannya ini boleh dibilang yang paling mewah di kelasnya.

Alasan Tidak Membeli Nissan Livina

1. Lampu depan Halogen Reflektor

Kekurangan Nissan Livina di bagian luar terletak di sektor pencahayaan. Kalau kembarannya, Mitsubishi Xpander sudah mengganti lampu utama dengan lampu LED reflektor, Livina masih tetap memakai bohlam halogen biasa.

2. Panel AC Konvensional

Masuk ke dalam kabin, jangan terkejut kalau panel AC masih konvensional. Pengaturan AC dengan kenop putar persis milik Xpander. Sayang, interior mewah berbalut kulit Livina jadi tak seapik seharusnya. Toyota Avanza, Honda Mobilio hingga Suzuki Ertiga semua sudah pakai panel AC digital. Apalagi Livina salah satu low MPV termahal.

3. Kursi Baris Kedua Hanya Sediakan Dua Sandaran Kepala

Di tengah, meski ditujukan dapat menampung 3-penumpang tapi tak ada sandaran kepala khusus penumpang yang duduk di bagian tengah kursi baris keduanya. Ini karena bagian sandarannya dapat dilipat dan berfungsi sebagai arm rest. Tanpa sandaran kepala, faktor kenyamanan dan keselamatan penumpang yang duduk di bagian tengah kursi baris keduanya jelas tak optimal.

4. Tanpa Monitor Atap

Harus diakui Nissan Livina memang bukan penerus langsung Grand Livina. Pendahulunya ini merupakan Nissan dengan populasi terbanyak di Indonesia. Salah satu kelebihan Grand Livina adalah monitor atap. Pasalnya Grand Livina dulu tak dibekali AC double blower, hanya ada ventilasi AC di bagian konsol tengah untuk penumpang belakang.

Tapi kini Livina baru justru kehilangan fitur hiburan tambahan tersebut. Menariknya, justru Toyota Avanza versi penyegaran terbaru justru dapat monitor atap. Padahal, Avanza juga sudah memakai AC Double blower.

5. Cuma Satu Pilihan Mesin

Satu lagi, bila sebelumnya Nissan Grand Livina dijual dalam dua pilihan mesin yakni, 1,8 liter dan 1,5 liter. Kini sama seperti Xpander, Livina Cuma tawarkan pilihan mesin 1,5 liter. Itupun pilihan transmisi otomatis CVT (Continuous Variable Transmission) yang terpasang pada Grand Livina tak lagi dijumpai pada Livina terbaru.

Untungnya mesin 1,5 liter Livina yang merupakan mesin Mitsubishi ini menghasilkan daya yang cukup, 104 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm. Hingga kini belum ada keluhan berarti dari pemilik Mitsubishi Xpander maupun Nissan Livina terkait mesinnya.

Kesimpulan dan Harga

Intinya, Nissan Livina memang salah satu kontestan low MPV terbaik di kelasnya. Ia tampilan berkelas dengan fitur berlimpah. Meski begitu, mobil ini tak luput dari kekurangan. Panel AC konvensional hingga absennya sandaran kepala ketiga di kursi baris kedua. Tapi tugas paling berat bagi Nissan adalah, meyakinkan konsumen untuk rela membayar cukup mahal. Karena Nissan Livina menjadi produk termahal di kelasnya bersama dengan Mitsubishi Xpander.

Daftar Harga Nissan Livina 2020
Daftar Harga Nissan Livina 2020
Nissan Livina 1.5 EL MT Rp 231.800.000
Nissan Livina 1.5 EL AT Rp 242.800.000
Nissan Livina 1.5 VE AT Rp 259.400.000
Nissan Livina 1.5 VL AT Rp 272.100.000

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Melihat Fitur Lengkap Suzuki Ertiga, Mobil Keluarga Ternyaman Bantuan Membeli
Melihat Fitur Lengkap Suzuki Ertiga, Mobil Keluarga Ternyaman Suzuki Ertiga boleh jadi dinobatkan sebagai mobil keluarga ternyaman yang ada di Indonesia. Kenyamanan yang ditawarkan oleh Suzuki Ertiga dirasa sangat baik. Bahkan competitor terdekatnya pun tak mampu menandingi kenyamanan dari Suzuki Ertiga. Selain punya kenyamanan yang cukup baik, Suzuki Ertiga juga memiliki banyak fitur canggih yang membuatnya lebih unggul dibanding pesaingnya. Lantas, apa saja fitur yang ada pada Suzuki Ertiga?Hal pertama yang dapat dilihat dari Suzuki Ertiga ini adalah ran
Melihat Ruang Kepraktisan Honda Civic Hatchback, Sempit Atau Lega? Bantuan Membeli
Melihat Ruang Kepraktisan Honda Civic Hatchback, Sempit Atau Lega? Meskipun bukanlah faktor utama, akan tetapi Honda Civic Hatchback kerap dianggap memiliki ruang kepraktisan yang besar. Lantas, apakah ruang kepraktisan dari Honda Civic hatchback ini cukup baik? Jika melihat dari tempat minum atau cup holder, Honda Civic hatchback ini dibekali dengan 7 buah cup holder yang tersebar di beberapa titik. Seperti di pintu depan kiri-kanan, pintu belakang kiri-kanan dan ruang di bagian tengah diantara jok.Ruang bagasi dari Honda Civic hatchback bisa dibilang cukup be
Mengetahui Kelegaan Kabin Small Sedan Toyota Vios Bantuan Membeli
Mengetahui Kelegaan Kabin Small Sedan Toyota Vios Toyota Vios merupakan sebuah small sedan yang eksistensinya tergolong panjang umur. Walau di tengah isu harga dan pajak mobil jenis sedan yang tak ekonomis, Toyota tetap konsisten menjual Vios dengan beragam improvisasi.Padahal secara penjualan, Vios tentu tidak selaris model SUV atau MPV Toyota. Namun mobil ini cukup 'beruntung' karena masih bisa survive di pasaran, tidak seperti sejumlah lawannya seperti Suzuki Ciaz yang lebih dahulu stop dijual. Padahal, walau posisinya sebagai s
Review Toyota Vellfire 2020: Sporty Sekaligus Lebih Murah Bantuan Membeli
Review Toyota Vellfire 2020: Sporty Sekaligus Lebih Murah Toyota Vellfire menjadi salah satu opsi MPV mewah dalam di Indonesia. Model yang masih satu saudara dengan Toyota Alphard ini cukup menarik untuk dipinang nagi yang mengincar kemewahan, kelegaan kabin plus eksterior yang cenderung macho.Bicara Vellfire memang sulit jika tidak menyebut Toyota Alphard juga. Sebab Vellfire memang dibangun dengan basis Alphard, secara fitur dan spesifikasi pun sebenarnya kurang lebih dengan saudaranya itu.Vellfire kini melengkapi jajaran opsi MPV mewah Toyota Indone
Biaya Servis Suzuki Carry Model Baru dan Lawas Lebih Murah yang Mana? Bantuan Membeli
Biaya Servis Suzuki Carry Model Baru dan Lawas Lebih Murah yang Mana? Suzuki Carry pick up generasi terbaru sudah eksis selama setahun ini. Telah terungkap pula biaya perawatannya, dalam situs resmi Suzuki Indonesia tertera sangat jelas bahwa mobil niaga ringan ini punya biaya servis sangat ekonomis.Hal itu karena Suzuki berani memberi promo diskon jasa servis dan sparepart untuk New Carry ini. Alhasil dari jarak tempuh 1.000 km sampai 50.000 km pemilik New Carry hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 1 jutaan saja untuk servis.Murahnya biaya servis Carry generasi terb

Lebih

Beranda