< img height="1" width="1" style="display:none" src="https://www.facebook.com/tr?id=2589212088033094&ev=PageView&noscript=1" />

Fitur Dan Kelengkapan Toyota Avanza Veloz Terbaru Yang Tak Ada Di Model Lamanya

Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) Toyota Avanza masih jadi primadona konsumen mobil Indonesia. Tak ayal saat peluncuran model penyegaran di 2019 lalu, Toyota sediakan sejumlah fitur dan kelengkapan baru. Toyota Avanza dijual mulai harga Rp 200 jutaan sampai Rp 248 jutaan.

Tak bisa dipungkiri, mobil-mobil di segmen ini memang menjadi incaran. Makanya pendatang pun semakin banyak. Sebut saja Mitsubishi Xpander sampai Wuling Confero. Masing-masing menawarkan kelebihan yang tak dimiliki oleh Toyota Avanza sebelumnya.

Ubahan yang dilakukan Toyota pada Avanza baru cukup banyak. Mendengarkan masukan dari konsumen setianya, transformasi dilakukan Toyota secara menyeluruh. Mulai dari bentuk luar, interior, fitur dan kelengkapan hingga performa dan rasa berkendaranya tak luput dari peningkatan kualitas. Apalagi pada tipe Veloz atau varian termahalnya.

1. Eksterior

Desain Avanza dan Veloz terbaru jelas berubah dibanding sebelumnya. Paling gampang mengenalinya dari depan. Sebab kini ia tampil lebih mewah dengan split headlights. Lampu utama dibelah garis sewarna bodi yang membuatnya terlihat memiliki empat lampu utama.

Tampilan ini terinspirasi dari desain lampu mobil MPV Toyota lain yang lebih mewah seperti Voxy dan Vellfire. Lampu utama Toyota Avanza juga sudah menggunakan LED multi reflektor yang menggantikan bohlam halogen di versi lamanya.

Toyota Avanza Veloz lama memang memakai lampu model proyektor, tapi halogen. Lampu proyektor hilang di versi barunya berganti LED berpendar putih kebiruan. Terlebih lagi, Toyota memberi fitur tambahan untuk lampu barunya, yakni Follow Me Home. Maksudnya setelah memadamkan mesin, lampu utama tetap menyala selama beberapa detik untuk memberikan pencahayaan di malam hari.

Grillenya juga terlihat lebih sprorty karena punya lubang udara yang lebih tipis dengan aksen palang berwarna black chrome. Lubang udara besar di grille yang berwarna hitam mirip sebelumnya. Hanya memang desain kisi-kisinya berbeda. Begitupun dengan desain aero kit di bemper depan.

Kalau desain rumah lampu kabutnya tak lagi membulat dan sekarang meruncing ke atas. Elemen berwarna krom menghilang berganti tema hitam nan sporty yang kental. Oh ya, sekedar informasi saja, desain wajah Avanza dengan Avanza Veloz berbeda sedikit di bagian bemper depan.

Bagian sisi Avanza Veloz sekarang tak berubah jauh. Desain side body moulding lebih minimalis. Side skirt atau body kit samping sekarang ada ornamen krom penanda dirinya sebagai varian termewah. Velg 15-inci dwi-warna pun punya desain palang berbeda dari sebelumnya. Sementara outer mirror Avanza Veloz sudah dibekali fitur automatic retractable dan bisa dilipat secara elektronis dari dalam.

Agar ubahan semakin sempurna, bagian belakang saudara kembar Daihatsu Xenia ini juga berubah sedikit. Desain lampu belakang ada ubahan dan menyatu dengan aksen panel lampu horizontal di pintu bagasi. Lampu di pintu bagasinya juga model split dan dibuat melintang disatukan dengan plate berwarna black chrome yang memberi kesan lebih lebar. Desain bemper belakangnya pun direvisi dengan rumah lampu mata kucing yang terlihat lebih agresif.

2. Interior

Untuk masuk ke dalam kabin Avanza Veloz sekarang jauh lebih mudah. Ada fitur smart key biar tak ketinggalan dari Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga. Begitupun dengan fitur tombol Start-Stop untuk menyalakan dan mematikan mesin.

Kabin Toyota Avanza dan Veloz juga diperbaharui. Pelapis jok Veloz sekarang punya motif berwarna merah. Tapi jok seluruhnya masih dibungkus material fabric bukan kulit. Di konsol tengah juga ada yang berubah. Terlihat panel hitam yang menjadi tempat tertanamnya sistem multimedia layar sentuh dengan kemampuan mirroring dan kamera mundur. Panel AC juga sudah digital menggantikan kenop putar versi lamanya.

Peningkatan juga dilakukan pada kursi baris kedua dan ketiga. Tersedia power socket 12 Volt untuk mengecas ponsel pintar di kursi baris kedua dan ketiga. Bahkan lebih kerennya lagi, penumpang belakang Avanza Veloz bisa menonton DVD lewat monitor atap yang menempel di bawah outlet AC double blower.

3. Performa

Sektor mesin menjadi satu-satunya yang tak mengalami perubahan berarti. Toyota Avanza dan Veloz masih ditawarkan dalam dua pilihan mesin. Mesin 1,3 liter bertenaga 96,5 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 120 Nm pada 4.200 rpm. Sedangkan mesin 1,5 liter Dual VVT-I menghasilkan tenaga 104 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 136,4 Nm pada 4.200 rpm. Penyaluran tenaganya juga tersedia dua pilihan. Transmisi manual 5-percepatan dan otomatis konvensional 4-speed.

4. Pengendaraan dan Pengendalian

Untungnya Toyota melakukan revisi pada bagian kaki-kaki. Setelan suspensi depan MacPherson Strut di depan dan 4-link lateral rod di belakang dibuat lebih kokoh. Toyota mengklaim dimensi lateral rod diperbesar dan pegas atau per nya memiliki ulir yang lebih sedikit. Hasilnya stabilitas dan kualitas peredaman setingkat lebih baik dibanding sebelumnya.

Kualitas kemudi juga ditingkatkan, Terjadi pengesuaian pada electric power steering yang memberikan respons bobot serta pergerakan yang lebih linear. Kemudi yang lebih mantap di genggam dan stabilitas berkendara yang meningkat membuat mobil ini lebih enak dan mantap dikemudikan dibanding sebelumnya.

Toyota juga menambahkan sejumlah insulator di dalam kabin. Terbukti kebisingan suara artikulasi roda dengan permukaan jalan mampu direduksi lebih baik. Sebabnya, improvement pada insulator diletakkan di struktur rangka bagian belakang, lantai serta dash panel bagian depan. Kekedapan kabin yang optimal ini menjanjikan kenyamanan berkendara yang lebih baik.

5. Harga dan Fitur Keselamatan

Fitur keselamatan juga ditambah. Masih tersedia dual SRS airbag dan rem ABS (Anti-lock Brake System) dan kursi ISOFIX. Bedanya, kini Avanza dan Veloz baru dilengkapi fitur keselamatan EBD (Electronic Brake Force Distribution) untuk mengoptimalkan jarak pengereman.

Hebatnya pada saat peluncuran Toyota Avanza dan Veloz baru ini, meski mendapatkan banyak peningkatan tapi semua ini bisa ditebus tanpa kenaikan harga. Tapi saat berita ini diturunkan, sudah ada sedikit penyesuaian harga walau kenaikannya tidak begitu besar.

Daftar Harga Toyota Avanza
1.3E M/T Rp. 200.150.000
1.3E A/T Rp. 211.350.000
1.3G M/T Rp. 218.000.000
1.3G A/T Rp. 228.700.000
1.5G M/T Rp. 230.300.000
Daftar Harga Toyota Avanza Veloz
1.3 M/T Rp. 224.700.000
1.3 A/T Rp. 236.500.000
1.5 M/T Rp. 236.700.000
1.5 A/T Rp. 248.500.000

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Melihat Fitur Lengkap Suzuki Ertiga, Mobil Keluarga Ternyaman Bantuan Membeli
Melihat Fitur Lengkap Suzuki Ertiga, Mobil Keluarga Ternyaman Suzuki Ertiga boleh jadi dinobatkan sebagai mobil keluarga ternyaman yang ada di Indonesia. Kenyamanan yang ditawarkan oleh Suzuki Ertiga dirasa sangat baik. Bahkan competitor terdekatnya pun tak mampu menandingi kenyamanan dari Suzuki Ertiga. Selain punya kenyamanan yang cukup baik, Suzuki Ertiga juga memiliki banyak fitur canggih yang membuatnya lebih unggul dibanding pesaingnya. Lantas, apa saja fitur yang ada pada Suzuki Ertiga?Hal pertama yang dapat dilihat dari Suzuki Ertiga ini adalah ran
Melihat Ruang Kepraktisan Honda Civic Hatchback, Sempit Atau Lega? Bantuan Membeli
Melihat Ruang Kepraktisan Honda Civic Hatchback, Sempit Atau Lega? Meskipun bukanlah faktor utama, akan tetapi Honda Civic Hatchback kerap dianggap memiliki ruang kepraktisan yang besar. Lantas, apakah ruang kepraktisan dari Honda Civic hatchback ini cukup baik? Jika melihat dari tempat minum atau cup holder, Honda Civic hatchback ini dibekali dengan 7 buah cup holder yang tersebar di beberapa titik. Seperti di pintu depan kiri-kanan, pintu belakang kiri-kanan dan ruang di bagian tengah diantara jok.Ruang bagasi dari Honda Civic hatchback bisa dibilang cukup be
Mengetahui Kelegaan Kabin Small Sedan Toyota Vios Bantuan Membeli
Mengetahui Kelegaan Kabin Small Sedan Toyota Vios Toyota Vios merupakan sebuah small sedan yang eksistensinya tergolong panjang umur. Walau di tengah isu harga dan pajak mobil jenis sedan yang tak ekonomis, Toyota tetap konsisten menjual Vios dengan beragam improvisasi.Padahal secara penjualan, Vios tentu tidak selaris model SUV atau MPV Toyota. Namun mobil ini cukup 'beruntung' karena masih bisa survive di pasaran, tidak seperti sejumlah lawannya seperti Suzuki Ciaz yang lebih dahulu stop dijual. Padahal, walau posisinya sebagai s
Review Toyota Vellfire 2020: Sporty Sekaligus Lebih Murah Bantuan Membeli
Review Toyota Vellfire 2020: Sporty Sekaligus Lebih Murah Toyota Vellfire menjadi salah satu opsi MPV mewah dalam di Indonesia. Model yang masih satu saudara dengan Toyota Alphard ini cukup menarik untuk dipinang nagi yang mengincar kemewahan, kelegaan kabin plus eksterior yang cenderung macho.Bicara Vellfire memang sulit jika tidak menyebut Toyota Alphard juga. Sebab Vellfire memang dibangun dengan basis Alphard, secara fitur dan spesifikasi pun sebenarnya kurang lebih dengan saudaranya itu.Vellfire kini melengkapi jajaran opsi MPV mewah Toyota Indone
Biaya Servis Suzuki Carry Model Baru dan Lawas Lebih Murah yang Mana? Bantuan Membeli
Biaya Servis Suzuki Carry Model Baru dan Lawas Lebih Murah yang Mana? Suzuki Carry pick up generasi terbaru sudah eksis selama setahun ini. Telah terungkap pula biaya perawatannya, dalam situs resmi Suzuki Indonesia tertera sangat jelas bahwa mobil niaga ringan ini punya biaya servis sangat ekonomis.Hal itu karena Suzuki berani memberi promo diskon jasa servis dan sparepart untuk New Carry ini. Alhasil dari jarak tempuh 1.000 km sampai 50.000 km pemilik New Carry hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 1 jutaan saja untuk servis.Murahnya biaya servis Carry generasi terb

Lebih

Beranda