Review BMW X6 2020: SUV Bergaya Coupe nan Maskulin

BMW Indonesia memperkenalkan model terbarunya BMW X6 2020 melalui peluncuran virtual. X6 merupakan bagian dari Sports Activity Coupe (SAC), yaitu versi SUV yang lebih sporty dan bagian belakang yang lebih mirip coupe dengan model atap yang melandai.

Harga
Tipe Harga
BMW X6 xDrive40i Rp1.899.000.000

 

Spesifikasi
Mesin
Tipe Mesin B58 3.0L 6-silinder turbo
Kapasitas Silinder 2.998 cc
Tenaga Maksimum 340 hp
Torsi Maksimum 450 Nm
Kecepatan Tertinggi 250 km/jam
Transmisi Otomatis 8-percepatan
Sistem Penggerak Penggerak Semua Roda
Dimensi
P x L x T 4,935 x 2,004 x 1,696 mm
Wheelbase 2,975 mm
Kaki-kaki dan Suspensi
Suspensi Suspensi udara
Velg 21 inci
Ban Depan/Belakang 275/40 R21 dan 315/35 R21

BMW X6 merupakan crossover premium berukuran sedang yang diproduksi oleh BMW. Dikenal dengan segmen SAC atau Sport Utility Coupe, X6 menggabungkan atribut SUV dengan ground clearance tinggi dan penggerak all-wheel drive serta kesan coupe yang menampilkan gaya atap yang landai.

Dibuat berdasarkan pada BMW Seri-5 dan Seri-6, generasi pertama dirilis pada bulan April 2008. Pengembangannya dimulai pada tahun 2003 di bawah komando Peter Tuennermann setelah pengembangan X5 E70 pada tahun 2001.

Generasi kedua berkode F16 meluncur di Paris Motor Show pada 2014. Mengandalkan mesin turbo 4.4L V8, xDrive50i bertenaga 445 hp dan torsi 651 Nm. Generasi ketiga terungkap pada Juli 2019 dengan ubahan berupa sudut grille yang bisa menyala, pertama kali pada model BMW.

Dalam pernyataan resminya, Jodie O’tania selaku Director of Communication BMW Group Indonesia mengungkapkan, “New X6 hadir dengan kombinasi sempurna antara kenyamanan, kemewahan dan dinamika berkendara yang masih tak tertandingi hingga hari ini.”

BMW memiliki berbagai model sedan dan SUV di Indonesia. Sedangkan Kehadiran generasi ketiga BMW X6 akan melengkapi keluarga Seri-X di Indonesia setelah kehadiran BMW X1, X2, X3, X4, X5, dan X7. Apa saja yang ditawarkan dari model baru ini? Ini dia review BMW X6 2020.

Eksterior

Menggunakan basis yang sama dengan BMW X5, tampilan luarnya memiliki banyak kesamaan dengan saudaranya tersebut. Perbedaannya terdapat pada bagian belakang. Dimana X6 mendapatkan atap yang lebih melandai untuk menegaskan kesan coupe-nya.

Satu hal yang patut diperhatikan pada X6 generasi terbaru adalah kehadiran grille “Iconic Glow” yang akan bercahaya ketika Anda mengaktifkan fitur dalamnya. Grille ini merupakan yang pertama kali digunakan pada mobil BMW.

Fascia depan terasa lebih sporty karena BMW menggunakan kesan sudut yang lebih tegas. Ada pula headlamp berteknologi Laserlight adaptive ditambah lampu DRL tiga dimensi. Fitur Air Breather mengalirkan udara dan memotong lengkuran roda untuk eksterior yang lebih aerodinamis.

Untuk ukuran dimensi, X6 dibuat lebih panjang 26 mm dan lebih lebar 42 mm dibandingkan generasi sebelumnya. Bagian dalam juga terasa lebih lapang karena BMW menambah wheelbase 42 mm lebih panjang.

Tampilan sampingnya terasa lebih maskulin bersama kehadiran velg 21 inci berdesain Y-Spoke Style M two-tone. Jika roda depan menggunakan 275/40 R21, roda belakang dibuat lebih lebar dengan ukuran 315/35 R21 untuk membuatnya lebih stabil.

Selain atap bergaya coupe, tampilan belakang dihiasi dengan lampu belakang berteknologi LED yang lebih sipit dibandingkan X5. BMW juga memberikan kemudahan membuka pintu bagasi secara otomatis hanya dengan ayunan kaki.

Interior

Kesan futuristik jelas terasa ketika masuk ke dalam kabin. Tampilannya yang mewah terasa dari penggunaan kulit Vernasce yang lembut dan memberikan kesan mewah. Ditambah dengan kesan premium dari ambient light yang masih menghiasi dashboard BMW X6.

Sistem infotainment layar sentuh berukuran 12,3 inci menghiasi tampilan tengah dashboard. Pengaturan tata letak tombol terasa ergonomis dengan gabungan layar sentuh dan tombol konvensional. Dilengkapi konsol tengah berwarna hitam dengan aksen silver yang menawan.

Seperti lini M Sport lainnya, setir multi fungsi palang tiga dengan berbagai tombol memberikan kemudahan dalam mengakses berbagai fitur selama berkendara. Terdapat paddle shift untuk memberikan rasa berkendara nan sporty bagi X6.

Rasa nyaman terasa dari kursi bergaya sporty berlapis kulit. Tak ketinggalan ada sistem power-adjustable sports seat yang menggunakan sistem memori untuk memudahkan Anda mendapatkan posisi berkendara yang pas.

Sayangnya kursi baris kedua tidak mendapatkan layar infotainment belakang layaknya X6 yang dipasarkan di luar negeri, seperti Malaysia. Layar belakang diganti dengan sistem USB C untuk mengisi daya smartphone atau gadget Anda.

Perubahan terbesar yang diberikan pada X6 generasi ketiga adalah panoramic glass sunroof yang memberikan kesan premium pada mobil ini. Bahkan BMW menyebutkan sunroof X6 lebih besar 83% dibandingkan generasi sebelumnya.

Meskipun atap belakang yang melandai, namun kapasitas bagasi yang diberikan cukup baik. Anda bisa mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 580 liter. Kapasitas maksimal bagasi tercatat 1.525 liter ketika Anda membaringkan kursi baris kedua yang sudah memiliki konfigurasi 40:20:40.

Fitur Keselamatan

Bukan BMW namanya tidak tidak menawarkan fitur keselamatan kelas atas untuk menjaga Anda tetap nyaman ketika sepanjang perjalanan. X6 mendapatkan Driving Assistant yang sudah dilengkapi dengan sistem pengereman darurat otomatis, adaptive cruise control dan lane keeping assist.

Fitur keselamatan standar yang diberikan seperti enam airbag yang tersebar pada kabin serta kontrol stabilitas standar. Ada pula Active Protection yang akan mengencangkan sabuk pengaman serta menutup sunroof dan jendela samping yang terbuka pada saat sistem mendeteksi kemungkinan terjadi kecelakaan.

Dan yang terbaru dari BMW X6 yaitu Parking Assistant Plus yang dilengkapi dengan fitur Reversing Assistant. Fitur baru ini akan mengingat jalur yang Anda tempuh selama 50 meter ke belakang ketika Anda ingin memundurkan kendaraan.

Mesin

Sebenarnya ada banyak pilihan mesin yang digunakan oleh BMW X6, mulai dari mesin 3.0L bensin dan diesel, serta mesin 4.4L V8 berteknologi twin-turbo pada BMW M50i. Mesin BMW X6 yang dipasarkan di Indonesia menggunakan teknologi BMW TwinPower Turbo dengan dua turbocharger twin scroll. 

Mesin 3.0L berbahan bakar bensin 6-silinder segaris mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 340 daya kuda pada 5.500 – 6.500 rpm dan torsi maksimum 450 Nm mulai dari putaran 1.500 rpm.

Salah satu keunggulannya adalah tenaga disalurkan ke semua roda melalui transmisi Steptronic 8-percepatan. Tenaga yang diberikan memang lebih kecil dibandingkan X6 xDrive50i, tetapi pengemudian yang ditawarkan tetap mengesankan.

Performa dan handling

Layaknya model performa BMW M lainnya, xDrive40i M Sport mendapatkan tampilan yang lebih agresif dan tak lupa mesin yang bertenaga untuk pengemudian sehari-hari. Belum lagi ditambah teknologi turbo yang disematkan pada mobil ini.

X6 xDrive40i mampu elesat dari keadaan diam hingga 100 km/jam hanya dalam 5.5 detik. Performa yang mengesankan mengingat bodinya yang lebih besar dibandingkan sedan. Sedangkan kecepatan tertingginya tercatat 250 km/jam.

Rasa berkendara yang diberikan cukup menyenangkan. Bukan hanya karena tenaga yang besar, tetapi juga bodi yang aerodinamis. Jika model SUV memiliki bodi yang lebih besar, BMW X6 memiliki atap belakang yang melandai sehingga membuatnya lebih gesit dibandingkan SUV.

Konsumsi BBM

Menggunakan mesin 3.0L 6-silinder turbo membuat konsumsi bahan bakar cukup terkurang. Bukan hanya karena penggunaan teknologi turbo, tetapi mesin 6-silinder cukup boros ketika dibawa ke jalan. Apalagi pada saat di jalanan perkotaan yang penuh dengan kondisi stop-and-go.

BMW Indonesia dalam rilisan resminya menyebutkan konsumsi bahan bakar BMW X6 tercatat 9 liter/100 kilometer, atau jika dikonversikan menjadi 11.1 km/l. Bagi kendaraan bergaya sporty yang menawarkan kecepatan, konsumsi tersebut tidak terlalu besar.

Tapi jika dibandingkan dengan model SUV lainnya, konsumsinya memang cukup tinggi. Meskipun BMW menyebutkan bahwa X6 adalah kendaraan yang ramah lingkungan dengan emisi CO2 gabungan tercatat 206 g/km.

Video

Konsumen Indonesia memang baru mendapatkan BMW X6. Sedangkan peluncuran perdana BMW X6 dilakukan di negara asalnya pada Agustus tahun lalu. Intip lagi video BMW X6 2020 yang diunggah di laman resmi YouTube BMW International di bawah ini.

Kesimpulan

BMW X6 2020 merupakan salah satu mobil SUV bergaya coupe yang menawarkan rasa berkendara yang baru; dengan ketangguhan SUV tetapi menggunakan tampilan menawan milik mobil coupe. Belum lagi fitur Iconic Glow pada grille yang membuatnya semakin memesona.

Di dalam, tampilannya menawarkan kesan futuristik dan premium bersamaan, sebanding dengan harganya yang hampir mencapai Rp2 miliar. Sayangnya, X6 di Indonesia memiliki beberapa fitur yang dihilangkan untuk mengurangi harganya. 

BMW Indonesia menyebutkan bahwa X6 sudah bisa didapatkan di diler-diler BMW terdekat. Namun saat ini, hanya ada 10 model yang dibawa ke Indonesia. Mengingat harganya yang cukup tinggi, unitnya yang terbatas juga menghadirkan eksklusivitas tersendiri bagi mobil ini.

0
Bagikan

Berita Terbaru

Review
Review Toyota Fortuner: SUV Elegan Nan Tangguh Sejak diperkenalkan pada tahun 2005, Toyota Fortuner menjadi pilihan SUV di Indonesia. Desain yang tangguh dan macho, kemampuan untuk melibas segala medan, serta kepraktisan khas mobil 7-seater menjadi daya tarik.Setelah lebih dari 1 dekade, PT. Toyota Astra Motor meluncurkan Fortuner generasi kedua. Berbagai penyegaan didapat All-new Fortuner, mulai dari desain eksterior dan interior baru, sampai tambahan berbagai fitur untuk membuatnya lebih relevan dengan selera pasar saat ini.Apakah berbagai
Bantuan Membeli
Performa Berkendara Daihatsu Terios, Versi SUV Dari Xenia Jakarta - Terios kini hadir dengan wajah baru yang jauh berubah dari generasi pertama. Tidak cuma dari sisi desain, Daihatsu dan Toyota juga mengubah spesifikasi Terios secara keseluruhan dengan mesin baru dan racikan suspensi baru. Segala ubahan tadi akan membuat performa berkendara Daihatsu Terios juga beda dari yang sebelumnya. Kondisi infrastruktur yang kian membaik tentunya mendorong para pengemudi memacu kendaraannya secara optimal. Mereka tergoda untuk memacu mobil di kecepatan tingg
Bantuan Membeli
Dibuat Kagum Dengan Kualitas Audionya, Inilah Sederet Fitur Entertainment All New Toyota Rush 2018 Toyota All New Rush merupakan SUV pilihan dari Toyota yang menawarkan model  modern dan gagah dilengkapi berbagai macam fitur. Hadir dengan dua varian yaitu All New Rush G dan All New Rush TRD Sportivo yang menghadirkan tampilan yang berubah drastis dibanding generasi pendahulunya. Nampaknya, Toyota kali ini dengan berani menyematkan fitur-fitur canggih yang membangun performa SUV andalan mereka. "Interior All New Rush memang didesain untuk menunjang kebutuhan penggemar SUV yang b
Bantuan Membeli
Penasaran dengan Toyota Rush? Simak Dulu Ulasannya Di Sini! Sebagai salah satu model yang menjadi tulang punggung PT Toyota-Astra Motor (TAM) di Indonesia, sudah pasti produk SUV Toyota Rush, telah dibekali dengan beberapa fitur unggulan yang bisa menemani pengemudinya dalam kondisi apapun.Meski karakter sporty yang ditonjolkan pada Toyota Rush ini lebih baik ketimbang generasi sebelumnya, terlebih dengan hilangnya ban serep di bagian pintu bagasi, membuat mobil yang dibekali dengan mesin berkode 2NR-VE lebih terkesan atletis dan memiliki karakter kuat.S
Bantuan Membeli
Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Jimny Suzuki Jimny kembali hadir meramaikan dunia otomotif Tanah Air dengan meluncurkan generasi terbarunya. Model yang sudah diluncurkan pada tahun 2019 lalu ini berhasil menarik perhatian para pecinta otomotif.Tidak heran, karena mobil 4x4 yang satu ini memang memiliki segudang fitur dan kelebihan yang membedakannya dari mobil-mobil pesaingnya yang lain. Permintaan mobil ini juga bisa dibilang cukup tinggi, mengingat Suzuki Indonesia hanya mendapatkan jatah 40-50 unit saja setiap bulannya.Dari data

Lebih

Beranda